Kamis, 08 September 2016

13 FLORA LANGKA DI INDONESIA

 FLORA LANGKA DI INDONESIA
1. Pohon Jelutung (Dyera costulata syn. D. laxiflora.)
Pohon jelutung  atau labuai atau di kalimantan biasa di sebut pantung demikian pohon t  ini di sebut. Tumbuh hingga mencapai ketinggian 60m dengan diameter 2 meter. Kayunya kuat dan ulet dan tersebar di Kalimantan dan sumatera. 
Tahukah kalian bahwa permen karet di buat dari getah pohon jelutung ? Selain sebagai bahan permen karet getah jelutung digunakan sebagai vernish ,bahan perekat,ban untuk motor/mobil balap,water profing ,bahan isolator dan bahan-bahan kerajinan lainnya.
Di Indonesia terdapat dua jenis jelutung, yaitu: Dyera costulata Hook. F. dan Dyera lowii Hook. F. Kedua jenis ini termasuk famili Apocynaceae. Jelutung, di Kalimantan disebut pantung, di Sumatera disebut labuai, di Semenanjung Melayu disebut ye-luu-tong, dan di Thailand disebut teen-peet-daeng.
Pohon jelutung berbentuk silindris, tingginya bias mencapai 25-45 m, dan diameternya bisa mencapai 100 cm. Kulitnya rata, berwarna abu-abu kehitam-hitaman, dan bertekstur kasar. Cabangnya tumbuh pada batang pohon setiap 3-15 m. Bentuk daunnya memanjang, pada bagian ujungnya melebar dan membentuk rokset. Sebanyak 4-8 helai daun tunggal itu duduk melingkar pada ranting.

Jelutung berbunga dua kali setahun. Bunga malainya berwarna putih, dan buahnya berbentuk polong. Apabila sudah matang, buahnya pecah untuk menyebarkan biji-bijinya yang berukuran kecil dan bersayap ke tempat di sekitarnya.


2. Bunga Bangkai


Bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau batang krebuit (Amorphophallus titanum ), merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m.Namanya berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk, yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.
Bunga bangkai raksasa sering dipertukarkan dengan patma raksasa Rafflesia arnoldii. Mungkin karena kedua jenis tumbuhan ini sama-sama memiliki bunga yang berukuran raksasa, dan keduanya sama-sama mengeluarkan bau yang tak enak. Jenis-jenis Amorphophallus juga dapat dijumpai pada hutan hujan tropis di Stasiun Penelitian Hutan Tropis (SPHT) Taman Nasional Kayan Mentarang di Lalut Birai, Desa Long Alango, Kecamatan Bahau Hulu, Kabupaten Malinau. 


    3.Anggrek hitam
Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah spesies anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera Anggrek hitam adalah maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Saat ini, habitat asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yang cukup besar karena semakin menyusutnya luas hutan di Kalimantan namun masih bisa ditemukan di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yang sedikit. Diperkirakan jumlah yang lebih banyak berada di tangan para kolektor anggrek.

4. Bunga Raflesia Arnoldi
 Rafflesia arnoldii atau padma raksasa adalah tumbuhan parasit obligat yang terkenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Ia tumbuh di jaringan tumbuhan merambat dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis. Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera).Bunga Rafflesia arnoldii diambil dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

 Bunga merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang . Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai "tanaman" adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat . Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Penyerbukan di lakukan oleh  lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan.Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

4. Cendana(Santalum Album)


Cendana, atau cendana wangi, merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.
Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sukar dikembangbiakkan atau dibudidayakan.

5.Balam Suntai ( Palaqium walsurifolium)
Tumbuhan balam suntai adalah tumbuhan yang sangat langka di dunia dan memiliki kualitas kayu yang sangat baik. Kayu balam suntai memiliki tingkat keawetan kelas 4 dan kekerasan kayu no 2 di dunia.Tak heran banyak orang yang memburunya, sayang kian hari keberadaannya kian langka, karena terus di buru tanpa di budidayakan. Pohon Balam suntai tumbuh di lahan gambut ,tumbuhan ini bisa di temukan di pulau kalimantan,sulawesi,maluku,papua dan sumatra. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai 45 meter dan berdiameter batang 45 cm. Ciri-ciri tumbuhan ini memiliki guratan getah putih di batang dan bunga putih cenderung hijau.


6. Pohon Damar (Agathis Labillardieri)
Pohon Damar adalah tumbuhan asli Indonesia . Pohon Damar bisa tumbuh setinggi 65 meter,berbatang silindris dengan diameter mencapai 1.5 m.Bagian pohon damar yang diambil adalah kayu dan getahnya.Getah damar yang di sebut resin kopal yg di peroleh dengan cara melukai kulit damar.Pohon damar banyak tersebar di pulau jawa (pegunungan),maluku,sulawesi hingga philipina.

8. Pohon Ulin (Eusideroxylon Zwageri)

Pohon Ulin (eusideroxylon zwageri)   atau bulian atau pohon kayu besi dari kalimantan timur, dengan ciri kayu yang keras dan kuat, warna gelap, dan tahan terhadap air laut.Tinggi pohon ulin mencapai 50 meter dengan diameter hingga 120 cm. Selain itu, pohon ini banyak ditemukan di dataran rendah.Ulin adalah salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan

9. Tanaman Bayur (pterospermum sp)

 Pohon Bayur atau walang atau wadang biasa tumbuh di dataran rendah , merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki kayu yang sangat bagus buat pertukangan.Pohon Bayur dapat tumbuh hingga mencapai 45 meter dengan diameter 1 m.

 Penyebarannya hampir di daerah tropis seluruh dunia , di indonesia bayur dapat di temukan di pulau jawa,kalimantan,maluku,sulawesi dan sumatra.

10. Tanaman Trembesi (Albizia salman jacq)

 Pohon Trembesi atau Ki Hujan adalah pohon besar dengan tajuk yang melebar, di kenal sebagai pohon peneduh. Memiliki akar serabut yang menjalar meluas,sehingga tidak bagus jika di tanam di dekat perumahan atau badan jalan. Memiliki buah berbentuk seperti kacang polong.
Trembesi sangat bagus   sebagai tanaman penghijauan karena cepat tumbuh besar dan rindang hanya dalam tempo 3 tahun, tapi di balik itu trembesi memiliki kekurangan yaitu menyedot air tanah untuk pertumbuhannya, dan dapat merusak aspal jalan,pondasi rumah serta rantingnya gampang rapuh.

11. Tanaman Mimba (Azadirachta Indica) 
 Mimba Adalah tergolong tumbuhan perdu , di temukan pertama kali di daerah hindustan dan di perkirakan menyebar di Indonesia sejak 1500 tahun yang lalu.Daerah persebaran terutama di pulau jawa dan madura.
Daun mimba bisa mengobati kencing manis,ginjal,disentri,obat nafsu makan,borok,malaria dan anti bakteri.
 Daunnya seperti daun kedondong dan rasanya pahit.



12. Tanaman Enau(Arenga pinnata, suku Arecaceae)
ENAU
  
 Pohon Enau atau Aren adalah tanaman langka yang di lindungi. Sejenis pohon palma yang sangat berguna setelah pohon kelapa.Dapat tumbuih mencapai 25 m dengan diameter 65 cm.
Pohon enau adalah tumbuhan serba guna seperti pohon kelapa.
 Gula aren di peroleh dengan menyadap pangkal bunga .Buah enau di sebut kolang kaling.

13. Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)
Anggrek Tebu atau Anggrek Macan adalah bunga anggrek terbesar dan terberat di dunia.Dalam satu rumpun nya dapat mencapai berat 1 ton.Malainya dapat tumbuh sepanjang 3 meter dan diameter malai 1.5 - 2 cm.Dalam setiap malai dapat tumbuh hingga ratusan kuntum bunga dan diameter bungan rata2 10 cm.Memiliki sosok batang mirip tebu sehingga di sebut anggrek tebu.

Daftar Pustaka
 http://infokehutanan.jambiprov.go.id/?v=pr&id=85
https://id.wikipedia.org/
http://ilmugeografi.com/biogeografi/flora-dan-fauna-yang-dilindungi-di-indonesia
http://gambaru.me/flora-yang-dilindungi-di-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar